-->

Iklan

Ikhtiar Wujudkan Program Satu Data Indonesia, BPS Wajo Adakan Pembinaan Desa Cantik

Rabu, 27 Juli 2022, 9:50 AM WIB Last Updated 2024-02-24T05:35:36Z

BERITAWAJO.ID, TANASITOLO – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wajo, adakan pembinaan Desa Cinta Statistik (Cantik) di Desa Palippu, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sulsel, Rabu (27/07/2022).
Untuk diketahui, kegiatan pembinaan Desa Cinta Statistik (Cantik) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran, serta diharapkan terlibat peran aktif Desa, dan masyarakat dalam kegiatan statistik.

“Hal ini, dalam rangka meningkatkan literasi data bagi Aparat Desa, agar desa bisa mengelola data statistik yang ada, untuk keperluan perencanaan dan evaluasi pembangunan,’’ ucap Rustan, Kepala Badan Pusat Statistik Wajo

Selain itu, menurut Staf Ahli Bupati Wajo, Sarjono menjelaskan pembinaan Desa Cinta Statistik (Cantik) diharapkan mampu mensingkronisasikan data yang sudah ada, dan mengkolaborasikan diantara data-data yang ada di instansi lainnya. Sehingga dapat menunjang pembangunan Desa.

‘’Jika semua data sudah terintegrasi, maka akan sangat mudah untuk melihat arah pembangunan desa ke depannya,’’ tuturnya.

Sementara, budidaya tanaman nanas di Desa Palippu, yang menjadi salah satu indikator BPS, melakukan pembinaan Desa Cinta Statistik. Pendapatan per kapita semakin hari meningkat.

‘’Salah satu hasil budidaya tanaman nanas sebagai ikon Desa Palippu, selalu diminati masyarakat, sehingga pendapatan perkapita alhamduillah, semakin hari semakin meningkat,’’ kata Abd Rafiq Mallori, Kepala Desa Palippu.

Untuk diketahui pula, Desa Palippu adalah salah satu desa yang masih sulit untuk mengakses jaringan

“Untuk wilayah Kabupaten Wajo, ada sekitar 23 desa/kelurahan dari 190 desa/kelurahan yang memang dalam kondisi, daerah black spot. Kami dari Dinas Kominfotik mendata itu dan kami sudah menandatangani dan menyampaikan hal itu kepada Bapak Bupati dan sudah ditandatangani jua oleh beliau untuk permohoan kepada Kementerian Kominfo, dalam rangka mengatasi black spot yang ada di setiap desa dan kelurahan itu,’’ Jelas Dwi Apryanto, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Wajo.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat, daerah-daerah itu bisa diatasi dan mereka memiliki jaringan yang baik,’’ lanjutnya.

Dalam kegiatan ini, BPS melakukan pelatihan khusus, dan sosialisasi aplikasi kepada Aparat Desa, dan sejumlah masyarakat yang hadir.

Penulis : Arung Samudra

Editor  : Edi Prekendes

Komentar

Tampilkan

  • Ikhtiar Wujudkan Program Satu Data Indonesia, BPS Wajo Adakan Pembinaan Desa Cantik
  • 0

Terkini

Topik Populer