-->

Iklan

Andi Heryl Manggabarani Tutup Usia "Namamu di PWI Wajo Selalu Dikenang"

Rabu, 26 Juli 2023, 7:22 AM WIB Last Updated 2024-02-24T05:35:36Z

BERITAWAJO.ID, SENGKANG –  Masih pagi benar, saya membuka Whatshapp. Dibeberapa WAG telah ramai dengan ucapan duka cita, kaget bercampur penasaran kuperhatikan ucapan duka tersebut. Tersendak sejenak, Andi Heryl Manggabarani Wartawan Senior dan Senior Para Wartawan di Bumi Lamaddukelleng telah pergi meninggalkan kita semua setelah sekian lama “Berjuang” melawan penyakit yang medera tubuhnya.

Saya merenung, beberapa waktu terakhir saya begitu rindu ingin ketemu dengan Andi Heryl (Begitu kami menyapa Almarhum). Namun selalu saja ada kesibukan yang membuat kerinduan untuk bertemu dengan Almarhum tidak dapat terwujud.

Saya pikir beberapa waktu terakhir kondisinya semakin membaik. Perasaan hati ini sedikit terhibur ketika mendengar kabar dari beberapa teman Jurnalis mengatakan sering bertemu di Warkop. Namun perasaan bersalah kembali membuncah setelah mendapat kabar dari WAG akan kepergiaan Almarhum.

Di mata saya, dan mungkin juga teman-teman Jurnalis lainnya, Almarhum adalah sosok pekerja yang sangat bersahaja. Paduan Jaket Kulit, Kemeja Kotak-kotak, Blue Jeans dan sepatu cats menjadi “Trade Mark”nya dalam menjalankan profesi jurnalisnya.

Saya secara pribadi berkenalan dengan Almarhum sekira seperempat abad yang lalu di sebuah warkop dibilangan pasar sentral Sengkang. Beliau ketika itu memperkenalkan diri sebagai Wartawan Tabloid EKSIS.

Diperkenalan “Perdana” saya dengan Andi Heryl, saya begitu terpesona dengan kebersahajaan yang dimilikinya, gaya bahasa dan “Trade Mark” yang membalut tubuhnya yang kekar ketika itu.

Pertemuan-pertemuan berikutnya saya dan Almarhum sudah begitu akrab. Keakraban ini memberi peluang bagi saya untuk mempertajam naluri jurnalistik saya.

Sejujurnya, banyak ilmu-ilmu jurnalistik terutama jurnalistik investigasi yang saya pelajari secara otodidak dari beliau, namun satu yang selalu ditekankan bahwa dalam menulis sebuah berita harus dilakukan secara tuntas dan selalu mengedepankan kaidah-kaidah jurnalistik.

Andi Heryl Manggabarani adalah Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan puncak kariernya di dunia jurnalistik ketika dipercaya sebagai Ketua PWI Kabupaten Wajo.

Semasa menakhodai organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Bumi Lamaddukelleng, beliau memimpin dengan humanis. Perpaduan jiwa kebangsawanan yang mengalir di tubuhnya dengan segudang pengalaman jurnalistik yang dialaminya membawa PWI Kabupaten Wajo semakin besar.

Sebagai Ketua PWI Kabupaten Wajo, Andi Heryl Manggabarani memang banyak dibekali “Amunisi” nama dan reputasinya cukup membanggakan. Ia dikenal sebagai wartawan pemberani, sejumlah liputan jurnalistiknya yang termuat pada Tabloid EKSIS pernah bikin heboh.

Almarhum meninggalkan seorang istri dan dua orang anak, disemayamkan di kediamannya jalan Veteran Sengkang. Hadirnya sejumlah tokoh dari berbagai kalangan setidknya memberi gambaran tentang siapa Andi Heryl Manggabarani.

Andi Heryl Manggabarani telah pergi. Rasanya cuma sekejap saja. Semoga almarhum mendapat tempat lapang, nyaman, dan indah di sisi Allah SWT.

Sekian lama kita menyelami telaga ilmu di sini
Mengukir dan melukis asa untuk masa depan yang gemilang. Segala diraih hingga indah diperaduan. Tertanam di dalam hati sanubari dan terkenang di memori

Selamat Jalan Kanda Andi Heryl Manggabarani, Selamat Jalan Senior Para Wartawan. Namamu abadi dihati kami adik-adikmu.

Dikutip : Redaksi Cp Celebesplusonline.com.

Editor    : Edi Prekendes

Komentar

Tampilkan

  • Andi Heryl Manggabarani Tutup Usia "Namamu di PWI Wajo Selalu Dikenang"
  • 0

Terkini

Topik Populer