-->

Iklan

Ketua Umum Serikat Petani dan Pengusaha Gaharu Indonesia Buka Turnamen Layang layang di Desa Ugi

Sabtu, 23 Desember 2023, 9:41 PM WIB Last Updated 2024-02-24T13:39:34Z

BERITAWAJO.ID, SABBANGPARU – Turnamen layang layang yang diselenggarakan oleh “Alamku” salah satu komunitas simpatisan H. Syamsu Alam S.E. yang juga Ketua Umum Serikat Petani dan Pengusaha Gaharu Indonesia mendapat antusias masyarakat untuk ikut lomba dalam permainan tradisional tersebut.

Turnamen layang layang ini dilaksanakan di Desa Ugi, Kec. Sabbangparu, Kabupaten Wajo. Kegiatan ini dibuka langsung oleh H. Syamsu Alam S.E., Sabtu 23 Desember 2023.

Putera kelahiran Sabbangparu, Kabupaten Wajo ini dikenal sebagai entrepreneur muda yang memiliki bisnis kayu gaharu. Selain aktif di dunia bisnis juga aktif di dunia politik sebagai kader PDI-P.

“Kedatangan saya hari ini bukan karena politik, bukan pula ingin berkuasa. Saya pulang kampung setelah 28 tahun di negeri rantau dan impian saya di negeri rantau sudah saya wujudkan,” ujar H. Syamsu Alam, dimana pernah mengikuti kontestasi pemilihan Walikota Probolinggo pada 2018 silam.

H. Syamsu Alam menyemangati para warga yang ingin berbisnis, semula kata dia, hanya satu orang saja yang menekuni bisnis kayu Gaharu di kota Probolinggo, namun saat ini ada 5.023 orang yang menekuni bisnis tersebut.

“Dulu saya cuma sendiri, saya berusaha bagaimana semaksimal mungkin agar keluarga keluarga yang ada di kota Probolinggo itu bisa mencari nafkah di negeri rantau,” ujar H. Syamsu Alam.

Jiwa entrepreneur H. Syamsu Alam semakin teruji setelah di negeri rantau membuka lapangan pekerjaan seluas luasnya untuk bisnis kayu Gaharu, hingga ia pun terpilih sebagai Ketua Umum Serikat Petani dan Pengusaha Gaharu Indonesia.

Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Probolinggo ini, memberikan pesan kepada anak anak rantau yakni jangan pelit, di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung, dan selalu ingat kampung halaman.

Yang mengharukan, kendati sudah puluhan tahun di negeri rantau, namun masih banyak yang kenal keluarga H. Syamsu Alam.

“Saya pulang kampung! Masih ada yang ingat orang tua saya? Bapak saya bernama Syeikh Muh. Alwy atau lebih dikenal dengan Syeikh Lolo. Dulu ada tokoh namanya Syeikh Bojo (Bojo ada adalah daerah yang terletak antara Parepare dan Barru). Beliau melahirkan anak bernama Syeikh Abbas, mereka adalah kakek buyut saya,” cerita H. Syamsu Alam yang mengajak warga berdialog.

Kegiatan Turnamen layang layang ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Salopokko Desa Ugi Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo sebagai wujud partisipasi melestarikan permainan tradisional, warga pun antusias mengikuti turnamen tersebut.(red)

Editor : Edi Prekendes

Komentar

Tampilkan

  • Ketua Umum Serikat Petani dan Pengusaha Gaharu Indonesia Buka Turnamen Layang layang di Desa Ugi
  • 0

Terkini

Topik Populer