-->

Iklan

Perayaan Hari Jadi Wajobyang ke 625 Berlangsung Semarak Mengusung Tema : Merajut Sutra Merangkai Nusantara ri Tana' Wajo.

BERWA
Senin, 22 April 2024, 12:47 PM WIB Last Updated 2024-05-24T07:38:09Z

 



BERITAWAJO.ID, SENGKANG - Pemerintah Kabupaten Wajo menggelar perayaan Hari Jadi Wajo (HJW) ke 625 di Lapangan Merdeka Sengkang, Senin 22 April 2024. Perayaan HJW kali ini lebih mengedepankan nilai nilai kultural orang Wajo. Para peserta memakai baju sutera. Produk kain yang di produksi secara turun temurun.


HJW tahun ini mengangkat tema Merajut Sutera Merangkai Nusantara RI Tana Wajo.

Puncak perayaan HJW diawali dengan persembahan tari kolosal. Tetarian dibawakan ratusan siswa-siswi binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo. Dilanjutkan dengan pembacaan sejarah HJW oleh Ketua DPRD Wajo, H. Andi Alauddin Palaguna.


Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, Anggota DPR RI, Hj St. Maryam, Anggota DPRD Provinsi Sulsel Dapil Wajo Soppeng, Desi Susanti Sutomo, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Pimpinan dan segenap Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Unsur Forkopimda Kabupaten Wajo, pimpinan lembaga peradilan, Sekretaris Daerah beserta para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo, pimpinan lembaga pendidikan, pimpinan partai politik, pimpinan organisasi keagamaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, insan pers dan LSM, turut merayakan perayaan HJW kali ini.


Pj Bupati Wajo, Andi Bataralifu mengucapkan selamat datang kepada Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Marwa Sofa, beserta rombongan. Juga kepada seluruh tamu dan undangan yang berkenan meluangkan waktu untuk hadir dalam merayakan hari yang bersejarah ini.


“Semoga dengan berkumpulnya kita dalam momen yang baik ini, memberi manfaat bagi kita sekalian. Akan tetapi, tentu saja berharap, manfaat terbesar dari acara ini mengalir bagi masyarakat Kabupaten Wajo,” cetusnya.


Andi Bataralifu menegaskan, peringatan Hari Jadi Wajo yang dilaksanakan setiap tahun, merupakan salah satu upaya untuk memperkuat identitas yang nilai-nilainya digali dari sejarah, budaya, dan adat istiadat yang tumbuh dan berkembang di daerah kita sejak awal mula keberadaanya.


Kearifan dan kebijaksanaan leluhur yang terekam pada berbagai dokumentasi, mengandung pelajaran berharga dalam berbagai bidang kehidupan, yang patut dijadikan sebagai rujukan dalam mengukir sejarah perjalanan hidup saat ini, hingga di masa yang akan datang. Termasuk tentunya, bagi generasi muda.


Kata Bataralifu, tema yang diangkat Dalam HJW ke 625 ini, adalah Merajut Sutra Merangkai Nusantara ri Tana Wajo. Tema ini di elaborasi dari potensi dan keinginan masyarakat Kabupaten Wajo untuk menjadikan sutra sebagai produk unggulan daerah yang berdaya saing tinggi, sehingga dapat menjadi sumber kebanggaan, baik di kawasan regional Sulawesi maupun di tingkat nasional.


Ketua Panitia Pelaksanaan Perayaan Hari Jadi Wajo yang ke 625, Drs. H. Alamsyah MM, Msi mengatakan, Perayaan HJW kali ini mengangkat tema ; Merajut Sutera Merangkai Nusantara ri Tana' Wajo. "Kesuksesan acara kita hari ini, tidak lain adalah karena semua kita didukung oleh seluruh komponen masyarakat Wajo, terutama kehadiran oleh Bapak Gubernur Sulawesi Selatan dan seluruh anggota DPR baik DPR RI, DPRD Provinsi Sulsel, dan DPRD Kabupaten itu sendiri. Sekali lagi atas nama Panitia Pelaksan tentu menghaturkan terima kasih semoga HJW ke 625 ini, senantiasa Wajo lebih maju ke depan," imbuhnya.(red)


Editor : Edi Prekendes 



Komentar

Tampilkan

  • Perayaan Hari Jadi Wajobyang ke 625 Berlangsung Semarak Mengusung Tema : Merajut Sutra Merangkai Nusantara ri Tana' Wajo.
  • 0

Terkini

Topik Populer