-->

Iklan

Tambang Ilegal di Wajo Jadi Sorotan. Ibarat Permainan "Kongkalikong"

BERWA
Minggu, 05 Mei 2024, 1:03 PM WIB Last Updated 2024-05-05T05:03:46Z

 


BERITAWAJO.ID, SENGKANG -  Tambang ilegal di Kabupaten Wajo, menjadi salah satu permasalahan yang dibahas oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal ini karena  penambangan ilegal merupakan salah satu contoh nyata bahwa korupsi merebak di Kabupaten Wajo.


Pertambangan ilegal adalah kegiatan penambangan yang dilakukan oleh masyarakat atau perusahaan tanpa memiliki izin dan tidak menggunakan prinsip penambangan yang baik dan benar.


Sisi lain, Pertambangan Tanpa Izin atau PETI terus menjadi sorotan dari berbagai kalangan Wajo. Untuk itu diperlukan upaya bersama dan dukungan seluruh pihak untuk mendorong penanganan isu PETI beserta dampak yang ditimbulkan.


Ketua Lembaga Badan Pemantau Kebijakan Publik (L-BPKP) Andi Sumitro, S. Sos,

mengatakan bahwa penertiban praktik pertambangan tanpa izin (peti) bisa tuntas jika dilakukan penegakan hukum yang benar. Apalagi penambangan ilegal yang ada di wilayah Kabupaten Wajo ini dilakukan tanpa sembunyi-sembunyi.


“Jika penegakan hukum benar, dengan mudah (peti) bisa diatasi. Patut juga diseriusi bahwa peti juga banyak melibatkan kekuatan besar. Jadi harus ada komitmen kuat dari atas,” ujar Andi Sumitro Sabtu (04/05/2024).


Andi Sumitro mengatakan, persoalan peti saat ini dan dari dulu sudah sangat marak tetapi belum dapat diatasi secara efektif. Ini karena penegakan hukum yang kurang maksimal dan tidak serius. Untuk itu pihak Polres Wajo harus tegas dalam hal ini. Jangan ada kesan tutup mata ibarat ada permainan "Kongkalikong".


"Kami hanya meminta agar pihak Polres Wajo harus tegas soal maraknya tambang ilegal yang di lakukan oleh oknum yang hanya mementingkan keuntungan pribadi tanpa memikirkan kerusakan lingkungan yang berdampak ke masyarakat. Jangan ada kesan tutup mata ibarat ada permainan "Kongkalikong" dengan oknum penambang ilegal, "tegas Andi Sumitro. ***


Editor : Edi Prekendes 



Komentar

Tampilkan

  • Tambang Ilegal di Wajo Jadi Sorotan. Ibarat Permainan "Kongkalikong"
  • 0

Terkini

Topik Populer