-->

Iklan

Mengentaskan Buta Huruf Alqur’an di Belawa, DPC Wahdah Islamiyah Belawa Gelar Wisuda DIROSA

Senin, 21 Maret 2022, 3:10 PM WIB Last Updated 2024-02-24T05:35:36Z

BERITAWAJO.ID, BELAWA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Wahdah Islamiyah Belawa menggelar Wisuda DIROSA I bagi masyarakat Belawa yang mengikuti program Belajar Mengaji DIROSA (Dirasa Orang Dewasa) yang dirangkaikan dengan kegiatan Tabligh Akbar bertempat di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Wadi Mubaraq Putri, Malakke Belawa pada hari Ahad (20/03/2022).

Kegiatan DIROSA yang merupakan program belajar mengaji yang dikhususkan bagi orang dewasa ini merupakan salah satu program unggulan dari DPC Wahdah Islamiyah Belawa untuk mengentaskan Buta Huruf Alqur’an bagi masyarakat Belawa yang dikhususkan bagi orang dewasa.

Pembina Ponpes Tahfidzul Qur’an Wadi Mubaraq Putri, Ust. H. Abdussalam Lc. mengatakan bahwa program dirosa ini merupakan salah satu upaya kami untuk menghidupkan kembali al-qur’an di Belawa. Perlu diketahui bahwa Belawa merupakan salah satu daerah pencetak ulama. Banyak ulama-ulama besar berasal dari bumi Belawa ini. Dirosa ini kami khususkan bagi orang dewasa dan para orang tua. Karena metode yang digunakan dirancang khusus untuk mereka. Terlebih banyak masyarakat yang dulunya waktu kecil bisa mengaji dan khatam Al-qur’an setelah beranjak dewasa mereka lupa cara mengaji atau biasa masyarakat sekitar menyebutnya “Lebbe Buta”.

Baca Juga : DPC Tempe Wahdah Islamiyah Wajo Sukses Gelar Mukercab Ke-II

Salah satu peserta Wisuda Dirosa,Muhammad Nur mengaku bersyukur akan adanya program belajar mengaji khusus orang dewasa seperti ini. Ia bisa lebih khusus memperbaiki bacaan al qur’annya terutama dalam perbaikan tajwid. Semangatnya untuk belajar Al qur’an bahkan ia tularkan kepada masyarakat sekitar. Hampir seluruh peserta yg terdiri dari 18 orang yang di wisuda dirosa pada hari itu adalah hasil dari ajakannya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Staf Ahli Bupati Wajo, Camat Belawa, MUI kec. Belawa, Muhammadiyah dan tokoh masyarakat lainnya.

H.Karyono,Staf Ahli Bupati Wajo dalam sambutannya mengatakan ia sebagai perwakilan dari Bupati sangat berterima kasih dan bersyukur akan adanya kegiatan ini. Sepadan dengan salah satu program pemerintah yakni gerakan mesjid cantik yang di dalamnya bukan hanya memperindah bentuk fisik mesjid namun juga memakmurkan mesjid dengan kegiatan-kegiatan ibadah yang bermanfaat, serta ini juga bisa mewujudakn program 1 rumah 1 Tahfidz.

Senada dengan Staf Ahli Bupati Wajo, Camat Belawa Andi Nawasir dalam sambutanya juga mengatakan bahwa kegiatan ini sangat memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam hal peningkatan jiwa spritual .

Saya berharap kegiatan ini bisa meningkatkan minat baca masyarkat terhadap Al-qur’an, serta meningkatkan keimanan masyarakat. Kegiatan ini bisa menjadi bukti bahwa dengan adanya ormas-ormas yang ada seperti Wahdah Islamiyah,Muhammadiyah,NU dan ormas lain tidak menjadikan kita harus berpecah, tetap menjunjung persatuan selama kegiatannya memberikan dampak baik”,ujarnya.

Di akhir acara panitia penyelenggara memberikan beberapa doorprise hadiah kepada para peserta yang beruntung, salah satu doorprise hadiahnya adalah koin mini gold.

Penulis : Irwansyah

Editor   : Edi Prekendes

Komentar

Tampilkan

  • Mengentaskan Buta Huruf Alqur’an di Belawa, DPC Wahdah Islamiyah Belawa Gelar Wisuda DIROSA
  • 0

Terkini

Topik Populer